Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Thursday, March 5, 2015

Mengenal Jenis Jaringan Komputer


Disadur dan Dirangkum dari Buku Managerial Information System, tulisan dari Martin. Edisi Ke-Lima, Semoga Bermanfaat.
Muhammad Abdullah 'Azzam
mahasiswa FEB Universitas Sebelas Maret Surakarta

1.     

Rangkuman Halaman 108-121 Sistem Informasi Managerial
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam

1.      Jenis-jenis Jaringan
Dalam bab ini akan dijelaskan beberapa jenis jaringan,yang mungkin berbeda dengan referensi lain. Tetapi,penulis meyakini jaringan ini cukup berguna dan dapat dipahami secara umum. Yaitu sebagi berikut :
a.      Computer telecommunication network
Sebuah jaringan yang terbetuk dari sebuah jaringan komputer ata sekelompok komputer dengan skala medium,besar maupun sangat besar. Dimana masing-masing kelompok jaringan saling terhubung. Biasaya jaringan ini berbentuk seperti pohon.


b.      Private branch exchange network (PBX)
PBX telah dikenal sejak lama, dahulu PBX digerakkan oleh seorang operator untuk mengoperasikan sebuah sistem telepon internal pada perusahaan. Saat ini PBX telah mengalami digitalisasi dan menggunakan sistem operasi digital dengan menggunakan sebuah komputer yang berfungsi sebagai operator. Selain itu, sistem ini memiliki kapabilitas untuk melayani beberapa personal computer, terminal-terminal, mainframe, dan jaringan telepon eksternal. Yang terbaru telah memiliki sistem Internet Protocol Enabled/IP.

c.       Local area network (LAN’s)
Merupakan sistem jaringan pertama dan paling umum digunakan. Memiliki tingkat pertukaran data yang tinggi dengan memakai basis hubungan peer to peer dibandingkan dengan master to coordinate. Sehingga, LAN terdiri dari beberapa anggota jaringan,seringkali PC yang saling berhubungan langsung, tanpa perlu melalui master jaringan.
LAN sendiri memiliki 2 jenis, yaitu
1.      Wired LAN
Jaringan lan yang berbasis dengan hubungan kabel, komputer terhubung melalui hub dan bus


2.      Wireless LAN
Komputer terhubung dengan router. Seringkali menggunakan basis jaringan WIFI

Selain 2 jaringan diatas, ada pengembangan pada jenis LAN pertama, yaitu Higher Speed wired Local Area Network,dengan memanfaatkan ethernet sehingga dapat mempercepat akses data. Ethernet merupakan jaringan kabel dengan bandwith cukup besar,bahkan dapat mencapai skala Giga Bytes.

d.      Backbone network
Merupakan jaringan jarak menengah, berfungsi untuk menghubungkan jaringan-jaringan LAN dalam organisasi dan antara organisasi dengan WAN (Wide Area Netowrks). Pengembangan yang sama dengan LAN, membuat jaringan ini mirip. Akan tetapi, teknologi terbaru untuk jaringan ini telah menggunakan serat optikal dengan kemampuan transaksi data hingga lebih dari 100 MBPs.
 
e.      Wide area networks (WAN’s)
Jaringan luas/jaringan jarak jauh saat ini makin dibutuhkan oleh banyak organisasi. Dikarenakan jaringan ini dapat menghubungkan organisasi dengan operasi-operasi yang dilakukan di jarak yang terpencar jauh. WAN melingkupi area yang sangat luas. Jauh berbeda dengan LAN. Dengan lingkup area yang luas, tingkat trasfer data dalam WAN seringkali cukup rendah. WAN memiliki beberapa jenis diantaranya
1.      DDD dan WATS
Membuat jaringan WAN berdasarkan jaringan telefon publik, atau menggunakan WATS yang berarti wide area telephone services dengan membayar pada penyedia jasa layanan telepon.
2.      Leased Lines
Menghubungkan organisasi dengan jaringan kabel seperti microwave atau kabel serat optik yang lebih mahal tapi meminimalisir kerusakan data dibanding dengan kabel biasa. Jaringan ini juga disediakan oleh penyedia jasa layanan telekomunikasi.
3.      Satelite
Memanfaatkan jaringan satelite yang dimilaki organisasi dengan memanfaatkan jaringan yang dihubungakan dengan gelombang mikro, memerlukan beberapa perlengkapan yang mahal tetapi mencakup jaringan yang lebih luas.
4.      ISDN
Merupakan akronim dari integrated services digital network. Memanfaatkan jaringan telepon dengan skala global sebagaimana yang dilakukan pada generasi sebelumnya. Tetapi, ISDN memiliki cakupan area yang mendunia.
5.      Packet Switched Network
Jaringan ini berbeda dengan jaringan yang sebelumnya. Dengan menggunakan common carrier network sebagai master, dari sinilah beragam mainframe saling bertukar data/memanfaatkan sarana server awan sebagai penghubung antar jaringan.

6.      Virtual Private Network (VPN)
Menggunakan sistem yang sama dengan packet switched network akan tetapi, VPN menggunakan jaringan publik sebagai penghubung.
f.        The internet
Merupakan WAN raksasa yang dikenal terakhir tapi bukan merupakan jaringan yang terakhir. Menggunakan TCP/IP protocol dengan koneksi yang lebih luas dibandingkan dengan jaringan yang tidak menggunakan TCP/IP. Jaringan ini sangat luas bahkan pada tahun 2003 telah ada 172 host/peyedia server dengan lebih dari 605 juta pengguna pada tahun 2002.  Paket pemrograman yang dipakai oleh internet berbasis HTML untuk menggerakkan vitur-vitur dalam WEB yang meruakan basis utama dalam koneksi internet.  WEB merupakan kata yang dikenal dari World Wide Web yang merupakan penanda anggota atau user hingga host dalam sebuah jaringan internet. Koneksi internet dapat diperoleh dengan menggunakan DSL (digital subscriber line) yang berbasis telepon,atau satelit hingga modem yang menangkap jaringan wireless di sekitar kita.

g.      Internet2
Realitanya, internet2 bukan merupakan jaringan. Meskipun, bergerak dalam jarak jauh dengan bandwith berkecepatan tinggi. Dia adalah konsorsium non-profit yang menghubungkan lebih dari 200 universitas yang terhubung dengan lebih dari 60 perusahaan teknologi dan pemerintah Amerika Serikat, untuk mengembangkan sebuah aplikasi jaringan dan teknologi tinggi. Internet2 dicitakan untuk menciptakan jaringan masa depan yang daoat menjadi “jalan tol super bagi informasi”. Ada beberapa tujuan dari internet2 yaitu :
1.      Membuat sebuah jaringan puncak bagi komunitas peneliti nasional
2.      Mengijinkan sebuah revousi penggunaan internet dengan perfrmansi yang jauh lebih baik dari yang dikenal sekarang
3.      Memastikan transfer data super cepat dari pelayanan jaringan yang baru dan penggunaan yang lebih luas bagi komunitas internet.
Meskipun demikian, ada indikasi bahwa internet2 lebih ditujukan untuk membawa supremasi jaringan digital bagi Amerika Serikat,terlihat bahwa bukan hanya menguhubungkan isntitusi sipil, internet2 juga merupakan jaringan khusus yang dimanfaatkan institusi meiliter dalam hal spionase,pengoperasian ALUSTISTA tanpa awak,hingga operasi Misil Balistik Jarak Jauh (LRBM).



No comments:

Post a Comment