Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Friday, June 6, 2014

Nabrak Becak (UnTold Story)

Assalaamualaikuuuummmm... masya Allah,, akhirnaaa,, ngeblog juga naa...
FYI gan, ane kemaren2 dapet proyek dari dosen buat ngebuat tema makalah,, daan,, alhamdulillaahh,, makalah yang satu itu layak naik menjadi skripsii :3,, ngga perlu musing judul lagi daahh,,, seneeng banget. Allah emang luar biasa..

tapi gan,, barusan ane mengalami kejadian, yang mungkin bagi beberapa orang yah, itu ngga banget, tapi buat ane jujur, itu luar biasa banget. meskipun 2 kaca spion ane error dan terancam ngga bisa dipake, footstep motor ane juga bengkok entah kemana, tapi, yah, malem ini ane mau berbagi aja tentang sebuah realita sosial di Indonesia.

diawali dari sebuah traffic light di wilayah sumber, solo. ane dalam kondisi terburu-buru mau ke sukoharjo, ketemu adik ane. yaudah, ane ngebut, walaupun ngga patut ditiru. ane ngambil start udah kek pembalap moto gp, tancaaap gass,, tapi, bzzzztttt, di depan ane ada becak! lagi selow nge gowes, mencari nafkah, dan kondisi ane udah masuk gigi 3, karena motor ane emang racing 3 tarikan kebut. dengan jarak yang udah tipis, mau ngga mau, dua rem ane tekan secara simultan, guna menghindari benturan parah, dan ane menjatuhkan kendaraan ane ke kiri, dan bruk, pluk. bruk itu suara motor ane jatuh, dan pluk suara spion ane menghantam bemper belakang becak, dan stang menghantam betis si penarik becak. udah, ane jatoh, spion ane lepas semua, dll. dan ane terpaksa menahan malu, karena bayangin, itu di tengah jalan bla..bla..bla, terus ane liat itu penarik becak berhenti di pinggir jalan, memegangi betisnya, yaudah ane dekatin. daaaannn,, eng ing eng.. buat uang tutup mulut ane harus mengorbankan 2/3 dari isi dompet ane. :v walaupun cuman 20000 tapi secara mahasiswa gitu.
ditutup dengan ane minta maaf, trus mengeluhkan motor, kemudian kembali melaju dengan kecepatan 80 km/jam. bener2 bandel ane yaa...

oke, dalam perjalanan tu, ane mikir, ada apakah gerangan..
ternyata emang, ada yang lagi menegur ane.
ane adalah mahasiswa muslim, tapi, karena stress dengan amanah yang bukan pada tempatnya, apa yang ane lakukan itu, seolah berjalan dengan cacat, dan ngga ada manfaat. serba terpecah lah, pokoknya kagak optimal. jarang ke mesjid kampus, jarang sedekah gara2 duit kesedot di sana sini, al-quran kagak kebaca seperti dulu, masak dulu bisa 1 juz sehari sekarang cuman 2.5 lembar, bla..bla..bla..
akhirnya, ya ane mengambil konklusi, dan konklusi itu hadir dari kejadian nabrak becak itu.
penarik becak itu udah sangat tua, kisaran 70 tahunan, betisnya juga ngga sekuat dulu, udah betul2 lemah, tapi nafkah dan maisyah demi keluarga tetap beliau lakukan
lha ane, cuman masalah sederhana aja, ane harus memilih. tapi gara2 nggak bisa milih karena melupakan dalil skala prioritaas ya jadi begini. banyak yang mau dikerjakan, tapi wadahnya kebanyakan. banyak yang mau disedekahi, tapi membuat kas di justifikasi sebagai infaq organisasional, ke mesjid itu wajib tapi dikalahkan oleh gengsi posisi. betapa naifnya ane.

padahal apa yang Allah berikan itu udah luar biasa, tapi yang ane lakukan bisa dibilang ngga ada artinya. bandingkan dengan pak penarik becak itu. yang dia lakukan emang kerja kasar, tapi maknyanya selalu ada, dan hal yang disebut hakikat inilah yang dilupakan banyak orang termasuk ane. bukan hakikat sufi, tapi hakikat ente hidup buat siapa.

makna ente melangkah di dunia, ente makan, minum, belajar, harus ada yang dimaknai disitu, dan semuanya kembali pada pilihan.
fokus dan tekanan pada apa yang kita pilih, merupakan salah satu cara untuk menemukan makna dalam sebuah kehidupan yang betul-betul singkat ini gan, ane sangat takut untuk memilih dan jadinya kayak gini. lupa gimana caranya mengatakan "tidak" meskipun dalam sebuah kehidupan masa muda ngga ada salahnya mencoba banyak hal. hey sob, wake up bro. sekarang zamannya kit berkarya bukan mencoba. ciptakan tekanan itu, tentukan tempat dimana kehadiranmu bermakna banyak, berkarya sebesar-besarnya disana, dan jangan lupa untuk hadir di tmpat lain, sebagai ruang untuk coba, bukan berkarya. itulah, yang ane sebut konsep pilihan, dimana tempat yang kita pilih sebagai wadah merupakan tempat kita bermakna.

sekarang gan, mau milih tempat yang kayak gimana nih?

itu pengalaman seharga 20.000 ane, yah, semoga infaq ane bermanfaat, dan semoga cerita aneh dan ngga jelas ini membawa makna bagi yang memahami. oya, gambar mad dog the raid itu memaknai kegeregetan tukang becak, jadi makasih buat 1cak.com
sekian dari ane, stay tune terus di sini

Wallahu 'Alam
Muhammad Abdullah 'Azzam Mahasiswa S1 Manajemen FEB Universitas Sebelas Maret Surakarta

No comments:

Post a Comment