Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Wednesday, January 22, 2014

menyapu sampah

konbanwa :D ahaha, assalamualaikum semua, akhirnya.. bisa nulis juga, aslinya udah lamaa banget pengin nulis lagi, habisnya asyik banget sih.. ehehehe..

jadi ane mau cerita gan, kaitannya juga sama gambar bocah yang lagi nyapu di samping itu. eheehee,, itu gambar bukan sodara atau adik ane, itu nemu di google kok, maap ye buat keluarga atau orang tua yang bersangkutan,

oke, semua berawal ketika semarang, kota kelahiran ane diguyur hujan kalau dalam bahasa jawanya sak dino tutuk, atau sehari terus menerus, wah pokoknya nyebelin, enaknya cuman semarang jadi agak dingin, siang siang suhu 22 derajat celcius coba. nah, ane diajak ibu ane buat nyapu halaman tuh, gara-gara daun pada rontok kena angin, nah, pas itu, kedaan masih basah banget, maklum habis ujan, dan nyapu pakek sapu lidi itu, berasa kaya nyapu pakek tisu, susah banget, udah mana halaman ane banyak rumput dan ngabung sama jalan raya, bener bener daun daun pada lengket udah kaya di lem, deuh. akhirnya ane bilang tuh ke ibu ane
"bu, yang ane sapu yang keliatan aja ye, yang di rumput rumput pada nyangkut kagak usah"
"iye dah yang penting keliatan bersih"
udah kan, akhirnya ane sapuin tuh yang di jalan jalan, kadang ane juga harus membungkuk dan ngumpulin itu daun pakek tangan, kadang juga harus ane make tuh sapu lidi udah kek wiper, dipake secara horizontal, pokoknya menyalahi kodrat lah, dan kadang juga ada lidi yang patah dan akhirnya ikutan dan harus disapu karena ntar bakal ngotorin, dan dari pengalaman ane menyapu, entah kenapa bisa dikaitkan sama apa yang terjadi di negara ini, indonesia.

well, kalau diibaratkan, negara ini, indonesia, udah banyaaak banget terkotori oleh beragam sampah, terjadi karena terlalu banyak nikmat tuhan yang diberikan, akhirnya kita sebagai manusia indonesia mulai tamak dan mulai tergantung sama nikmat itu, dan akhirnya mengingkari dan melanggar jatah nikmat bagi yang lain, kalau diibaratkan, negara ini udah kaya jalanan dan taman yang ane sapu tadi, kotor, daun daun pada lengket,
padahal kalu dipikir, daun yang usah nyaman diatas, udah dapet jatah air yang cukup diatas, ga perlu turun ke bawah dan ngambil jatah airnya rumput sama aspal. persis kaya birokrat kita yang diatas itu, gaji udah 60jt per bulan, belum termasuk tunjangan, hello kenapa elu masih main dan ngambil jatahnya kaum miski dan lemah? malah sibuk nyari proyek yang cuman nguntungin keuntungan diri sendiri? iya ngga? apakah mereka ngga sadar, dimata orang lain, di mata negara lain, mereka nggak lebih dari sampah, yang kudu dibuang, dikumpulkan dan disapu bersih, oleh siapa? oleh pemerintahan itu sendiri.

nah, tadi ane udah singgung ye, pemerintah harus berusaha keras, bahu membahu bersama rakyat untuk membuat sampah itu minggat. nah dii baatkan, pemerintah itu ane, sebaga penyapu, dan sapu lidi yang ane pakek itu, alat alat yang biasa digunakan pemerintah buat "bersih-bersih". memang sulit banget, membersihkan masalah di indonesia ini secara simultan, dan semua masalah diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat, baik itu masalah yang besar dan kelihatan mengotori negara, atau masalah lain yang "terselip" di dalam negara yang luas ini. neh, persis kaya dialog ane, pas ane ijin ke ibu ane buat membersihkan daun yang di jalanan aja, negara harus memiliki skala prioritas yang jelas, pemerintah jarus memiliki bidikan yang jelas untuk sampah macam mana yang haus dibersihkan terlebih dahulu, karena waktu yang oemerintah miliki sangat singkat, hanya 5 tahun. kalau ane jadi pemerintah, yang ane utamakan adalah masalah yang fundamental yang keliatan bener mengotori negara. bayangkan, apa ngga malu pak presiden kalau ngeliat warganya mengais tong sampah buat makan? apa ngga malu, birokratnya asyik kawin di hotel sedangkan warganya buat tidur aja kudu ngumpulin MMT bekas buat dijadiin atap? kalau itu presiden udah kagak punya malu, bakal dibiarin aja tuh, ngga dianggap, justru malah sibuk ngurus yang ngga penting kayak miss wor*d atau helipad buat pak Bu*h. udah mana kalau bersih bersih kagak beres lagi, masak kalah sama ane? ahahaha...

nah, lanjut di berikutnya, ane tadi cerita kan, kalau ane kudu ngambil daun langsung pakek tangan, ngga pakek sapu lidi yang jadi alat ane buat nyapu? itu juga ada maknanya gan. ngga selamanya alat yang digunakan selalu bekerja efektif, terkadang ada sampah yang bandel banget, yang harus ditangani serius oleh si pengguna, kalau dalam hidup bernegara, pengguna dan pengendali alat alat kenegaraan itu ya pemerintah. ngga bisa kalau ada masalah serius, pemerintah hanya diam saja dan menanti hasil dari alat alat kenegaraan, orang mereka cuman alat kok, ngga bisa pemerintah membebankan semua masalah dan penyelesaian ke mereka, pemerintah juga harus turut membersihkan negara ini dengan tangannya sendiri, inget, di negara ini, legitimasi kekuasaan tertinggi ada di tangan eksekutif , yang jelas dikepalai presiden. kalo presidennya cuman bisa "saya prihatin" dan main lempar tanggung jawab sama menteri-menterinya, hello, kapan lu mau bersih2 masbro?? think again.. haha. ane aja demi menjaga kebersihan dan keutuhan halaman aja rela jongkok, ngebuat tangan ane kotor, padahal ane megang sapu kok, karena ane mau bersih yang total. lha pemerintah? ahahah, perlu waktu yang cukup panjang untuk membenahi ini semua. :D

nah gan, itulah, menyapu bisa memberi kita banyak cerita tentang banyak hal, tidak masalah membandingkan apa yang kita lakukan, sesederhana apapun, dengan apa yang mereka lakukan, karena apa yang kita lakukan sesuai dengan kapasitas kita, ketika kita, dengan kapasitas kita mampu melakukan sesuatu yang sesuai dengan baik, ngga ada salahnya dibandingkan dengan mereka yang memiliki kapasitas untuk melakukan segala sesuatu yang telah dipercayakan kepada mereka. halaman rumah bagi mereka adalah negara ini, dan daun gugur itu tidak lain adalah masalah kenegaraan yang berjibun, ketika ane bisa menyapu halaman harusnya mereka juga mau untuk menyapu negara ini. iya ngga? masa kalah sama bicah yang di foto ini?

keep cal and always move up, come on guys, just do our best to improve our capacity. wallahu a'lam

no SARA, no NGECE, just small critic for better future, for me especially.

Muhammad Abdullah 'Azzam
Mahasiswa S1 Manajemen FEB UNS Surakarta.

No comments:

Post a Comment