"The Series of world creation, also human being, that still exist in this age, doesn't mean nothing, because of knowledge, also hope, and love"
-fello vexia, under the darkness
Yaaa-Haa!! udah lamaa banget ini blog kudet! masya allah dah,, para pembaca ane ilang semua,, huhu.. tapi anyway,, the show must go on, walopun yang ngeliat ini blog turun drastis, bahkan anjlok, ane akan tetep berkarya!
sorry blog ane ke hack. -_- itu kerjaan orang iseng, ane maaf banget ama temen-temen yang udah nunggu ni blog idup kembali, tapi gara gara kesibukan dan buruknya kualitas jaringan di indonesia (kata temen ane yang korea "Indonesian net is completely sucks!"), ane jadi bener-bener ngga sempet mosting lagii.. -_-. walopun hobi ane melototin anime juga ngaruh sih..
hari ini akan dimulai insya allah, seri postingan resume buku principles of management karya amstrong, dan penulis utama kotler, sampai 20 chapter insya Allah. Untuk hari ini akan dimulai dari chapter 1, so please, enjoy..
-fello vexia, under the darkness
Yaaa-Haa!! udah lamaa banget ini blog kudet! masya allah dah,, para pembaca ane ilang semua,, huhu.. tapi anyway,, the show must go on, walopun yang ngeliat ini blog turun drastis, bahkan anjlok, ane akan tetep berkarya!
sorry blog ane ke hack. -_- itu kerjaan orang iseng, ane maaf banget ama temen-temen yang udah nunggu ni blog idup kembali, tapi gara gara kesibukan dan buruknya kualitas jaringan di indonesia (kata temen ane yang korea "Indonesian net is completely sucks!"), ane jadi bener-bener ngga sempet mosting lagii.. -_-. walopun hobi ane melototin anime juga ngaruh sih..
hari ini akan dimulai insya allah, seri postingan resume buku principles of management karya amstrong, dan penulis utama kotler, sampai 20 chapter insya Allah. Untuk hari ini akan dimulai dari chapter 1, so please, enjoy..
Chapter Satu
Definisi Pemasaran dan Proses Pemasaran
Definisi Pemasaran dan Proses Pemasaran
Oleh : Muhammad
Abdullah ‘Azzam
(F0213062)
Manajemen A
Mengenal
pemasaran dalam dunia bisnis, tidak bisa sesingkat mengenal karakter kucing
peliharaan. Dalam kesederhanaan definisi dan konspe yang disampaikan seringkali
belum dapat memberikan kepuasan dalam menjawab pertanyaan mengenai apa,
bagaimana dan kenapa, eksistensi pmasaran perlu di dunia ini, lebih khusus
dunia bisnis. Dalam chapter satu buku Principles of Marketing , Kotler dan
Amstrong menjelaskan pemasaran dalam sudut pandang kebutuhan dunia bisnis
modern, dengan dinamika yang ada pada saat sekarang. Mulai dari perbaruan
definisi, penyesuaian kembali tata cara pemasaran kebutuhan modern, dan
tantangan yang dihadapi pemasaran dalam dunia modern. Semoga rangkuman ini
dapat memberikan jawaban memuaskan berdasarkan teori yang tercantum pada buku
Principles of Marketing.
1.
Apa
yang Dimaksud dengan Pemasaran dan Proses Pemasaran
Tetapi secara definitif, pendapat lama
masih menganggap bahwa pemasaran adalah membuat penjualan, akan tetapi, dalam pendapat baru, proses pemasaran lbih dapat
disimpulkan sebagai tindakan memuaskan pelanggan. Menururt Peter Drucker,
tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak diperlukan lagi, dikarenakan
penjualan merupakan bagian dari marketing mix, bauran pemasaran. Sedangkan
secara lengap define pemasaran adalah “Proses dimana perusahaan menciptakan
nilai bagi pelanggan dari membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan
tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya”
Sedangkan proses pemasaran ,
diciptakan dari 5 proses, 4 proses pertama adalah proses memahami, menjalin
hubungan, dan menciptakan nilai bagi pelanggan, sedangkan 1 langkah terakhir
adalah proses perusahaan menuai hasil dari 4 proses sebelumnya, yaitu menuai
nilai dari pelanggan. Proses pemasarann akan dijelaskan lebih lanjut di bawah
ini.
2.
Proses
Pemasaran
Ada 5 proses pemasaran, yaitu :
1. Memahami pasar dan kebutuhan
pelanggan
2. Merancang strategi pemasaran yang
digerakkan oleh pelanggan
3. Membangun program pemasaran
terintegrasi
4. Membangun hubungan yang menguntungkan
5. Mengangkap nilai dari pelanggan
Definisi dari peoses-proses manajemen
tersebut akan dijelaskan satu persatu di bawah ini.
1. Memahami pasar dan kebutuhan
pelanggan
Dalam
memahami pasar dan kebutuhan pelanggan, diperlukan 5 hal yang merupakan konsep
inti dari memahami pasar dan kebutuhan pelanggan , yaitu :
1. Kebutuhan, Keinginan, dan Permintaan
Pelanggan
2. Penawaran Pasar-Produk, Jasa dan
Pengalaman
3. Nilai dan Kepuasan Pelanggan
4. Pertukaran dan Hubunagn
5. Pasar
2. Merancang strategi pemasaran yang
digrakkan oleh pelanggan
Definisinya
adalah seni dan ilmu untuk memilih target pasar dan membangun hubungan yang
menguntungkan dengan target pasar itu. dalam hal ini, manajemen pemasaran harus
bisa menjawab 2 pertanyaan penting yaitu 1. Pelanggan apa yang kita layani,
dijawab dengan penentuan target pasar, dan 2, cara terbaik apa dalam melayani
pelanggan, dijawab dengan penentuan proporsi nilai perusahaan. Manajejemn
pemasaran juga memiliki beberapa orientasi, diantaranya orientasi produksi,
dengan konsep produk dan produksi, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan
konsep pemasaran berwawasan social, teori yang muncul untuk melakukan pemasaran
tanpa merusak hegemoni social yang ada
3. Menyiapkan rencana program pemasaran
yang terintegrasi
Merupakan
proses transformasi strategi pemasaran dalam tindakan untuk membangun hubungan
dengan pelanggan
4. Membangun hubungan dengan pelanggan
Proses
terpenting untuk mengambil nilai dari pelanggan,, ada beberapa hal yang akan
dilakukan perusahaan dalam hal ini, yaitu ;
1. Manajemen hubungan pelanggan
CRM
(Customer Relationship Management) adalah keseluruhan proses membangun hubungan
dan memeliharanya anatara perusahaan dengab pelanggan yang menguntungkan,
dengan memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang tinggi.hal yang dilakukan
pada tahapan ini diantaranya memahami nilai kepuasan pelanggan dan memenuhinya
dan menggunakan sarana hubungan yang sesuai dengan tingkat nilai pelanggan.
2. Perubahan sifat hubungan pelanggan
Hal
ini meliputi perubahan sifat hubungan berdasarkan situasi dan kondisi yang ada,
antaranya melakukan hubungan dengan pelanggan secara seksama, mengelola
hubungan jangka panjang, dan mengelola hubungan langsung
3. Manajemen hubungan kemitraan
Merupakan
pola hubungan dengan mitra yang bersama membangun perusahaan, dengan beberapa
pola hubungan sesuai dengan tingkat kemitraan, yaitu Mitra Internal dan Mitra
Eksternal
5. Menangkap nilai dari pelanggan
Merupakan langkah terakhir yang
merupakan hasil dari 4 langkah sebelumnya. Dapat dilakukan dengan beberapa cara
diantaranya, meniciptakan kesetiaan dan retensi pelanggan, menumbuhkan pangsa
pelanggan membangun ekuitas pelanggan, yang merupakan gabungan dari keseluruhan
nilai seumur hidup pelanggan dengan semua pelanggan perusahaan, membangun
hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat.
Selain 5 hal
diatas sebagai proses pemasaran, juga terdapat tantangan baru yang dihadapi
oleh pemasaran, beberapa tantangan itu antara ain, era digital, yang memberikan
keuntungan serta tantangan baru, dengan mudahnya pemasaran melalui berbagai
jaringan global seperti internet, kemudian globalisasi, yang menghapus
batas-batas teritori antar Negara, memberi kesempatan interaksi yang sedemikian
besar, serta jalan untuk meraih pelanggan serta pesaing baru, kemudian tanggung
jawab etika yang semakin besar, ditandai dengan kondisi masyarakat yang
mengharapkan perusahaan bisa memberikan manfaat diluar manfaat ekonomi, seperti
manfaat etis terhadap alam dan social, juga usaha-usaha nirlaba seperti
universitas dan komunitas keagaam yang juga mulai menjamah ranah pemasaran,
sehingga diperlukan proses dan pendekatan pemasaran yang berbeda.
Dapat
disimpulkan, dewasa ini mempertahankan dan memberikan kepuasan pada pelanggan
lebih utama, dengan berbagai macam metode untuk dapat memperoleh nilai yang
lebih banyak dari pelanggan yang setia, yang dipupuk melalui 5 proses
pemasaran.
No comments:
Post a Comment