Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Thursday, October 16, 2014

Resume Principles of Marketing Kotler Chapter #6

Rangkuman
Chapter 6
Pasar Bisnis dan Perilaku Pembelian Bisnis
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam (F0213062)
Manajemen A


                Dalam contoh kasus UPS (Perusahaan Logistik Amerika) dalam buku Principles of Marketing, kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa perilaku pembelian serta pasar bisnis memiliki perbedaan yang mencolok dengan pasar konsumen biasa/rumahan. Terdapat transaksi yang merepotkan, panjang, serta pemasar selalu menghadapi masalah yang besar. Akan tetapi, hampir semua perusahaan besar melakukan transaksi tidak langsung dengan konsumen akhir, tapi melalui para pembeli bisnis yang didefinisikan sebagai perilaku pembelian dari organisasi, yang membeli barang sebagai bahan produksi, dijual kembali atau disewakan untuk memperoleh laba. Sedangkan dalam prosesnya pembelian bisnis dikenal sebagai proses pengambilan keputusan oleh pembeli bisnis untuk menentukan produk yang akan dibeli organisasi, kemudian menemukan, mengevaluasi dan memilih di antara pemasok dan merek yang tersedia. Berikut ini akan dibahas mendalam mengenai perilaku pembelian bisnis serta pasar bisnis, berdasarkan buku Principles of Marketing  Philip Kotler dan Gary Armstrong edisi 12.
1.       Pasar Bisnis
Merupakan pasar yang besar dikarenakan perputaran uang dan barang jauh lebih besar dari pasar konsumen. Meskipun sebagian besar bersifat sama dengan pasar konsumen, beberapa hal ini yang membedakan pasar bisnis dengan pasar konsumen
a.       Struktur dan permintaan pasar
Perbedaan mencolok pada kuantitas pembeli dan penjual yang sedikit tapi berkapasitas sangat besar, terkonsentrasi secara geografis, terdapat derived atau permintaan turunan, dan mayoritas merupakan siat permintaan dan penawaran inelastis.
b.      Sifat unit pembelian
Melibatkan pengambilan keputusan yang lebih banyak dan usaha pembelian yang lebih profesional
c.       Jenis keputusan serta proses pengambilan keputusan .
Pengmabilan keputusan yang kompleks. Uang besar menjadi salah satu sebab utama.
2.       Perilaku Pembeli Bisnis
Dalam perilaku pembeli bisnis, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian masih berupa 4 bauran pemasaran dan faktor lain seperti ekonomi, politik, teknologi, persaingan dan budaya. Faktor ini kemudian menjadi respons pembelian, dan oemasar harus memahami hal ini. Sedangkan empat pertanyaan utama yang muncul tentang perilaku pembelian bisnis yang harus dapat dibaca oleh pemasar, yaitu ; keputusan apa yang dibuat?, siapa yang berpartisipasi?, pengaruh uatama terhadap pembeli?, dan bagaimana mereka membuat keputusan pembelian?. Pertanyaan-pertanyaan ini harus dapat dibaca dan dijawab oleh pemsar.
A.      Tipe Utama Pembelian
Tiga uatama pembelian adalah Pembelian kembali langsung/pembelian rutin, tanpa modifikasi, pembelian kembali modifikasi, pembeli ingin memodfikasi spesifikasi, harga, persyaratan atau pemasok, tugas baru/pembelian perdana bagi pembeli.
B.      Peserta dalam Proses Pembelian Bisnis
Peserta dalam pembelian bisnis dapat dikenal sebagai pusat pembelian, yang berarti semua individu yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam pembelian bisnis. Yaitu ;
a.      Users (pengguna)
b.      Influencers( pemberi pengaruh)
c.       Buyers (Pembeli)
d.      Deciders (Pengambil keputusan)
e.      Gate Keepers (Penjaga Gerbang)
C.      Faktor-faktor Utama yang Mempengaruhi Pembeli Bisnis
Dalam pandangan lama, pemasar beranggapan bahwa faktor ekonomi menjadi penentu pengambilan keputusan dalam pembelian, sedangkan studi modern mengungkapkan bahwa pembeli bisnis juga merupakan mahluk sosial yang merespons emosi dan alasan. Dalam hal ini, Kotler menyimpulkan beberapa faktor yang menjadi pengaruh utama pengambilan keputusan oleh pembeli, yaitu ;
a.       Faktor-faktor lingkungan
Faktor yang muncul dari lingkungan sekitar baik itu ekonomi, politik, maupun budaya
b.      Faktor-faktor Organisasi
Dipengaruhi oleh tujuan, misi, dan visi organisasi
c.       Faktor-faktor anatrpribadi
Dinamika kelompok yang sulit dinilai. Terbentuk karena interaksi antar kelompok atau pribadi
d.      Faktor Individual
Penyertaan motif, persepsi dan preferensi pribadi dalam pengambilan keputusan
D.      Proses Pembelian Bisnis
Tahapan proses pembelian bisnis biasa dilalui oleh pembeli adalah sebagai berikut ;
a.       Pengenalan masalah
b.      Deskripsi kebutuhan umum
c.       Spesifikasi produk
d.      Pencarian pemasok
e.      Pengumpulan prosposal
f.        Pemilihan pemasok
g.       Spesifikasi pesanan rutin
h.      Tinjauan ulang kinerja

E.       E-Procurement ; Membeli di Internet
Merupakan sebuah proses dan metode yang digunakan untuk memudahkan pembelian yang dilakukan oleh perusahaan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Yang biasa dilakukan oleh perusahaan diantaranya pembuatan situs pembelian pribadi perusahaan.

 Pembelian online juga memberikan manfaat bagi pemasar maupun pembeli, diantara manfaat tersebut antara lain ; mudah untuk mengakses pemasok baru, penurunan buaya pembelian, mempercepat proses pemesanan dan pembelian. Sedagkan bagi pemasar memudahkan interaksi dengan pelanggan, memudahkan penjualan produk dan jasa, memberi pelayanan dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Selain manfaat diatas, ada beberapa masalah yang muncul dalam pembelian dan transaksi online, yang paling mendasar adalah sekuritas atau keamanan transaksi. Data yang bersifat digital dapat lebih mudah dibobol dikarenakan konektivitas internet, yang kedua masalah arus informasi yang luas dapat menggerus hubungan pelanggan dan pemasok
3.       Pasar Lembaga dan Pemerintah
a.       Pasar lembaga
Merupakan lembaga yang menyediakan barang dan jasa bagi orang yang menjadi perhartian mereka, seperti rumah sakit, sekolah, penjara dan lain-lain.
b.      Pasar pemerintah
Badan pemerintah federal, negara bagian, atau lokal yang membeli atau menyewa barang dan jasa untuk menjalankan fungsi utama pemerintahan.
Dalam pasar ini, pemnbeli biasanya memiliki kuasa yang lebih tinggi daripada pemasok terutama dalam pasar pemerintah. Diantaranya adalah politik tender, pemerian instruksi dan permintaan yang ditentukan oleh pembeli serta kondisi perekonomian yang tengah dihadapi pemerintah seringkali menjadi pertimbangan krusial dalam proses pengambilan keputusan pembelian.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa pasar bisnis merupakan kunci yang penting dalam hal mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh eprusahaan, mempetimbangkan dari arus perputaran uang yang terjadi di dalamnya serta volume barang yang terkadang dapat jauh melampaui pasar konsumen. Meskipun dalam realitanya proses pembelian, pengambilan keputusan melibatkan beragam faktor yang seringkali bukan dalam jangkauan pemasar, akan tetapi, pemasar harus dapat mengantisipasinya, melalui beragam pendekatan dan penelitain. Tentu saja dalam pasar ini, hubungan dengan pelanggan adalah hal mutlak yang harus dijaga oleh pemasar.
.

No comments:

Post a Comment