Mempersiapkan Empat Pilar Bisnis RItel Modern
Oleh :
Muhammad Abdullah ‘Azzam
Tahap ini
menandakan, anda dan tim telah memiliki gambaran jelas seperti apa ritel modern
yang akan dibangun. Perlu diketahui, ritel modern memiliki jenis bermacam-macam
dengan tingkat kreasi sampai 100 persen. Bisa jadi anda dengan pesaing
sama-sama berjualan baju, tetapi anda bisa membuat toko anda lebih unik
berkali-kali lipat dari pesaing anda. Caranya adalah dengan mengakali keemat
pilar bisnis dalam bisnis ritel modern.
Empat pilar
bisnis adalah aspek-aspek yang membuat bisnis berjalan. Tidak ada perbedaan
besar antara pilar bisnis ritel modern dengan bisnis lain, tetapi, perbedaan
fungsi pilar bisnis antara bisnis ritel modern dengan bisnis lain mungkin akan
sangat terasa. Empat pilar tersebut adalah Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya
Manusia, dan Operasi. Pada bahasan ini penulis akan membahas secara ringkas
apa-apa saja persiapan di masing-masing pilar, sedangkan untuk pembahasan
mendetail akan disampaikan pada tulisan-tulisan berikutnya.
Perlu menjadi
catatan, tim anda benar-benar harus sudah memiliki gambaran, bisnis ritel
modern anda akan dibentuk seperti apa. Dengan adanya gambaran jelas ini, tim
akan dengan mudah mendeskripsikan kebutuhan apa saja yang akan dipenuhi dalam
pilar-pilar bisnis. Maka dari itu, tahapan sebelumnya seperti konsultasi,
spionasi, mengamati, membangun bonding dan sebagainya harus sudah menelurkan
produk berupa gagasan besar ritel modern anda. Gagasan ini akan menjadi peta
utama dalam proses ekspansi bisnis nanti, dan lebih baik lagi jika gagasan
besar itu tertulis dan jajaran manajerial sudah sepakat dengan semua gagasan
tersebut.
Tahap persiapan
disini, adalah proses mendetailkan gagasan utama menjadi bentuk
kebutuhan-kebutuhan yang akan dipenuhi pilar-pilar bisnis. Misalkan anda ingin
membuat toko dengan harga murah, maka pilar bisnis operasi akan memikirkan cara
agar barang bisa diperoleh dengan harga murah. Jika anda ingin sebuah toko yang
ramah pelanggan, maka bagian sumber daya manusia akan memikirkan cara bagaimana
membentuk karyawan dengan spesifikasi demikian. Dan seterusnya, seterusnya. Meskipun
masih dalam tahap perencanaan, proses penyiapan ini sangat penting, karena
kelak masing-masing pilar bisnis akan menjadi bagian dari perusahaan, dengan
dipersiapkan terlebih dahulu, akan lebih mudah bagi masing-masing pilar bisnis
untuk melakukan tugasnya.
Penyiapan Sumber Daya Manusia
Urutan penyiapan
bukan sesuatu yang saklek, anda bebas menyiapkan pilar bisnis manapun sesuai
keinginan anda. Meletakkan sumber daya manusia pada urutan pertama tidak lain
karena latar belakang penulis sebagai mahasiswa minat studi sumber daya
manusia.
Penyiapan
di bidang sumber daya manusia menjadi proses essensial, karena zaman masih
membutuhkan manusia untuk bekerja di bidang ritel modern. Penyiapan sumber daya
manusia ini termasuk budaya perusahaan, besarnya jumlah gaji, cara-cara
rekruitmen, hingga proses pemutusan kontrak. Penyiapan sumber daya manusia ini
juga termasuk mendeskripsikan spesifikasi sumber daya manusia yang kelak
membantu mensukseskan bisnis anda.
Disini,
Semart menginginkan sebuah toko ramah pelanggan, maka semart mencari manusia
dengan berbagai kriteria tertentu. Selain itu Semart mengharapkan keterlibatan
langsung para pegawai dalam mensukseskan toko, maka Semart memberikan sistem
bonus berdasarkan hal tersebut, dan lain-lain. Penulis ingin menekankan, jangan
sampai sebagai pebisnis kita melupakan aspek sumber daya manusia. Fakta menyebutkan,
pegawai tidak beretika lebih sering menyebabkan hancurnya perusahaan dari
sebuah kegagalan proses produksi.
Penyiapan Sistem Keuangan
Mungkin mudah
bagi kalangan terpelajar untuk menyiapkan sebuah sistem keuangan. Tetapi secara
umum, pengusaha-pengusaha banyak mengambil sistem “Uang dulu dikelola
belakangan”. Kecelakaan-kecelakaan di bidang keuangan seringkali mempercepat
runtuhnya perusahaan, alasannya sederhana, kegagalan di bidang keuangan sejalan
dengan bobroknya kualitas sumber daya manusia-nya.
Beberapa perilaku
seperti mencampurkan uang pribadi dengan uang perusahaan, penggunaan uang
perusahaan sebagai media pembayaran pribadi, dan hal-hal lain sejenis bisa
membuat kekacauan keuangan perusahaan. Selain itu, perencanaan pendapatan yang
tidak tersistem akan menjadi bencana karena seringkali pegawa dan tim anda
tidak akan ambil pusing dengan itu. Selain itu, aspek keuangan secara langsung
mempengaruhi performa pegawai lewat penggajian dan pemberian bonus.
Bagaimana Semart
melakukan sesuatu dengan keuangannya? Akan penulis jelaskan nanti. Namun, untuk
urusan keuangan Semart tidak merencanakannya sendiri.
Penyiapan Program-program Marketing
Pemasaran menentukan
kedepan bisnis kita akan lancar atau tidak. Meskipun tidak ada bisnis yang
lancar, dengan program-program marketing terencana setidaknya dapat membuat
bisnis kita tidak terlihat lucu. Jangan menjual jubah woll di daerah tropis,
kecuali kamu mampu menciptakan salju. Prinsip dasar itu, dibarengi dengan
pemahaman medan lingkungan menjadi fondasi esensial dalam mengatur
program-program marketing.
Ritel modern
sendiri meletakan marketing sebagai jantung dan tangan sekaligus. Jika promo
yang kita adakan tidak direspon positif pelanggan, sudah saatnya kita melakukan
sesuatu sebelum jantung dan tangan itu berhenti. Berikutnya, marketing
menentukan sekali apakah produk kita terjual habis atau harus kembali
digudangkan. Produk mana yang diterima dan ditolak, dijual murah atau dijual
mahal, semunya tergantung perencanaan program dari bagian marketing.
Semart menyadari
hal ini dan kami tidak mau membuang kesempatan untuk menjadi ikon kota
Surakarta. Rencana kami untuk membuat ritel modern yang ramah dengan
produk-produk lokal-tradisional dan mengakomodasi budaya lokal masyarakat
Surakarta, kami tuangkan semuanya kedalam proses marketing. Karena, Semart ada
untuk anda.
Penyiapan Sistem Operasi
Sistem
operasi artinya bagaimana anda sebagai pengelola ritel modern mengatur arus pergerakan
barang, hidup-mati toko, dan perlakuan terhadap produk-produk. Operasi juga
menentukan seperti apa penyuplai produk yang akan anda ajak bekerjasama. Operasi
menentukan toko anda akan diformat seperti apa, atau mungkin anda malah memilih
untuk menjalankan bisnis tanpa toko.
Operasi adalah
pilar essensial pemersatu 3 pilar lainnya. Banyak perusahaan ritel modern
mendetailkan kembali pilar operasi ini menjadi berbagai divisi hingga level
pengelolaan masing-masing lini produk. Bagaimanapun, pilar inilah penentu
darimana toko anda mendapatkan uang, bagaimana pegawai diajak bekerjasama
memajukan toko, dan program marketing seperti apa yang sesuai untuk toko anda. Maka
bagian operasi menjadi bagian luas sekaligus mendetail untuk sebuah ritel
modern.
Usaha teman-teman
di lini operasi Semart, kami bagi menjadi lini Produk dan Pengelolaan Toko,
tidak bisa dianggap sebagai sebuah kerja mudah. Beberapa kali kami melakukan
survey-survey lapangan untuk memastikan gagasan-gagasan kami sesuai dengan
kondisi riil. Melakukan uji produk, hingga berhubungan langsung dengan berbagai
penyedia barang, kami lakukan untuk memastikan gagasan kami berupa Semart
relevan dengan kondisi yang ada. Selain itu, jika berbicara urusan investasi,
aspek operasi bisa “sangat menjual” bagi kita.
Demikian ringkasan
penyiapan empat pilar bisnis dalam ritel modern. Tulisan berikutnya akan lebih
dalam membahas penyiapan-penyiapan di masing-masing lini. Terakhir, rencanakan
dan laksanakan bisnis anda, sehingga gagasan tidak akan menjadi wacana belaka.
#Semart
#MonggoTumbas
#MaturNuwun
Muhammad Abdullah 'Azzam, Bachelor Students of Management Study, Faculty of Economy and Business, Sebelas Maret University, Surakarta.
For further information contact me in felloloffee@gmail.com or azzamabdullah@student.uns.ac.id
Penerima Manfaat Beasiswa Aktifis Nusantara Dompet Dhuafa Angkatan 6
Muhammad Abdullah 'Azzam, Bachelor Students of Management Study, Faculty of Economy and Business, Sebelas Maret University, Surakarta.
For further information contact me in felloloffee@gmail.com or azzamabdullah@student.uns.ac.id
Penerima Manfaat Beasiswa Aktifis Nusantara Dompet Dhuafa Angkatan 6
Tulisan ini juga sudah dimuat di selasar.com, untuk membaca bisa klik pranala dibawah ini
https://www.selasar.com/jurnal/35490/Mempersiapkan-Empat-Pilar-Bisnis-Ritel-Modern
Untuk seri sebelumnya, bisa klik pranala dibawah ini
http://fellofello.blogspot.co.id/2017/04/retail-modern-spionase-dan-konsultasi.html
Untuk seri sebelumnya, bisa klik pranala dibawah ini
http://fellofello.blogspot.co.id/2017/04/retail-modern-spionase-dan-konsultasi.html
http://fellofello.blogspot.co.id/2016/11/retail-modern-scouting-and-bonding.html
Thank you for support!
Follow dan Komen untuk artikel-artikel menarik lainya
Thank you for support!
Follow dan Komen untuk artikel-artikel menarik lainya
No comments:
Post a Comment