Assalamualaikum agan sekalian, salam sejhtera, dan semoga senantiasa diberi kemudahan dan, yah, mt malem lah. akhirnya ane punya semangat buat mengepost postingan lagi, setelah sekian lama :v, gara gara ane mengakui kalau ane lagi sebuk, doakan ane gan semoga musim ujian ini bisa ane lewatin dengan enteng, aminnn :) okey, tema materi malam ini adalah wawancara kerja, summary dari buku komunikasi bisnis karangan Djoko Purwanto, gambar nyomot dari google.com, dan tentu dengan bahasa khas ane. hehe. ya semoga bermanfaat dan bisa jadi inspirasi dan solusi bagi agan agan yang siap terjun di dunia kerja, dan akan menghadapi tes yang satu ini, heheh. oke gan, enjoy my essay for this day, and this time.
Wassalamualaikum
Wassalamualaikum
Pendahuluan
Dalam dunia kerja,
sebelum memasuki dunia kerja tentunya berbagai macam tahapan yang berupa ujian
yang bertujuan untuk menguji kapasitas kita guna memasuki dunia kerja harus
kita lewati, termasuk salah satunya adalah proses wawancara kerja.
Dalam resume ini akan
dijelaskan secara sederhana dan jelas mengenai apa itu wawancara kerja,
persiapan yang harus dilakukan, bagaimana mengenali pekerjaan dan prospek
pekerjaan, pertanyaan-pertanyaan pernting dalam wawancara serta menyampaikan
ucapan terima kasih selepas diberi kesempatan untuk melakukan wawancara kerja
Sehingga, anda dapat
dengan nyaman dan mudah melaksanakan wawancara kerja yang akan menghantarkan
anda menuju dunia karir yang lebih baik dan prospektif.
Arti Penting Wawancara Kerja dan Pengertiannya
Wawancara kerja merupakan
salah satu alat yang pentng dalam menyaring karyawan yang melamar pekerjaan di
perusahaan. Terkadang wawancara dilakukan berkali-kali, tapi seringkali
dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi penyelenggara wawancara kerja.
Sedangkan wawancara kerja
sendiri adalah proses komunikasi dua arah (two
way communication) , diselenggrakan oleh perusahaan guna melakukan hal
diatas, dan, memiliki arti penting bagi pelamar, karena dalam proses wawancara
kerja ini pelamar dapat melakukan penilaian prospek karier dan membuktikan
kelayakannya untuk memperoleh suatu posisi di perusahaan.
Karena arti penting dan
manfaat uang besar, maka wawancara kerja harus dipersiapkan dengan baik,
diantaranya ;
1. Penampilan fisik
2. Gerak gerik dan sopan santun
3. Nada suara (tone voice)
4. Rasa percaya diri
5. Inisiatif
6. Kebijaksanaan
7. Daya tanggap dan kerjasama
8. Ekspresi wajah
9. Kemampuan berkomunikasi
10. Sikap terhadap pekerjaan
11. Selera humor
Kesemuanya ini merupakan
aspek-aspek yang bisa menjadi indicator penilaian pewawancara, maka hendaknya
dipersiapkan dengan baik
Tahapan
Wawancara dan Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara
Biasanya
wawancara dibagi menjadi beberapa tahapan, yang sekali lagi, tergantung
kebijakan perusahaan. Tapi yang umum adalah tahapan-tahapan berikut, yaiitu
wawancara pendahuluan (preliminary interview), wawancara lanjutan, wawancara
seleksi (selection interview). Yang masing-masing memiliki ciri khusus dan
tingkat kesulitan sendiri-sendiri
Maka
dari itu, harus ada beberapa hal yang diperhatikan dan dipertimbangkan untuk
dilakukan atau tidak dilakukan dalam wawancara, diantaranya ;
Yang perlu dilakukan
1. Berdoa sebelum wawancara
2. Datang lebih awal
3. Bersikap yakin dan optimis
4. Tenag
5. Mempersiapkan setifikat, diploma, dan
surat-surat penghargaan yang dimiliki
Yang jangan dilakukan
1. Terlambat
2. Kelihatan kesal karena menunggu lama
3. Dating asal-asalan
4. Berpenampilan berlebihan
5. Membawa tas belanja atau sejenisnya
dalam ruang wawancara
Dengan melakukan dan mempertimbangkan
beberapa hal tersebut diharapkan wawancara anda bejalan lancer
Cara Mengenali Pekerjaan dan Perusahaan
Penting dilakukan sebelum melakukan
wawancara adalah mencari informasi mengenai calon perushaan yang akan melakukan
wawancara. Dapat dilakukan dengan menggunakan media informasi seperti majalah,
laman resmi perusahaan,jurnal dan brosur. Cara kedua, adalah dengan menanyakan
pada proses wawancara, beberapa pertanyaan yang dapat diajukan antara lain ;
1. Apa tugas dan tanggung jawab
pekerjaan yang anda lamar
2. Bagaimana kebijakan perusahaan
mengenai promosi
3. Bagaimana kesempatan untuk berkembang
dalam perusahaan
Sehingga anda memperoleh informasi
yang cukup untuk menentukan kelanjutan anda dalam perusahaan tersebut atau
bahkan dapat melakukan job positioning dalam calon pekerjaan anda.
Pertanyaan Penting dalam Wawancara Kerja
Biasanya dalam wawancara ada beberapa
jenis pertanyaan yang sering muncul, yang menyangkut soal
1.
Pekerjaan
yang dilamar,
contoh pertanyaan ; mengapa anda ingin bekerja pada perusahaan?
contoh pertanyaan ; mengapa anda ingin bekerja pada perusahaan?
2.
Pendidikan
dan pelatihan,
contoh pertanyaan ; aspek-aspek mata kuliah apa yang menarik bagi anda?
contoh pertanyaan ; aspek-aspek mata kuliah apa yang menarik bagi anda?
3.
Latar
belakang keluarga
contoh pertanyaan ; apa pekerjaan orang tua anda?
contoh pertanyaan ; apa pekerjaan orang tua anda?
4.
Kepribadian
contoh pertanyaan ; bagaimana anda menjelaskan diri anda sendiri?
contoh pertanyaan ; bagaimana anda menjelaskan diri anda sendiri?
5.
Penilaian
pribadi anda
contoh pertanyaan ; apa hambatan dalam pengembangan karier anda?
contoh pertanyaan ; apa hambatan dalam pengembangan karier anda?
6.
Tujuan
karier
contoh pertanyaan ; apa tujuan jangka panjang bagi karier anda?
contoh pertanyaan ; apa tujuan jangka panjang bagi karier anda?
7.
Hobi
dan lain-lain
contoh pertanyaan ; apa yang anda lakukan pada saat liburan?
contoh pertanyaan ; apa yang anda lakukan pada saat liburan?
Tapi ketika sebelumnya anda pernah bekerja, mungkin
pertanyaan yang muncul akan lain, diantaranya ;
1.
Pimpinan
anda
contoh pertanyaan ; bagaimana pendapat anda tentang atasan anda?
contoh pertanyaan ; bagaimana pendapat anda tentang atasan anda?
2.
Pekerjaan
sebelumnya
contoh pertanyaan ; mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan lama anda?
contoh pertanyaan ; mengapa anda ingin meninggalkan pekerjaan lama anda?
3.
Pergaulan
antar sejawat
contoh pertanyaan ; bagaimana pergaulan anda dengan teman-teman sejawat?
contoh pertanyaan ; bagaimana pergaulan anda dengan teman-teman sejawat?
4.
Pendelegasian
contoh pertanyaan ; bagaimana anda memotivasi orang lain untuk menyelesaikan pekerjaanya?
contoh pertanyaan ; bagaimana anda memotivasi orang lain untuk menyelesaikan pekerjaanya?
5.
Pengambilan
keputusan
contoh pertanyaan ; bagaimana proses anda melakukan pengambilan keputusan penting?
contoh pertanyaan ; bagaimana proses anda melakukan pengambilan keputusan penting?
Ucapan Terima Kasih, Surat Penerimaan Pegawai dan Penerimaan
Kerja
Setelah melakukan
wawancara kerja sebaiknya berterimakasih kepada para pewawancara secara lisan
atau dapat dilakukan dengan cara mengirimkan surat permintaan terimakasih.
Sedangkan di sisi
perusahaan, ketika seorang pegawa diterima hendaknya segera menyampaikan surat
penerimaan pegawai, karena surat tersebut merupakan good news, maka untuk
perencanaan dan pengorganisasian dapat dilakukan dengan direct plan,
perencanaan langsung, sehingga audien atau pembaca dapat segera menangkap dan
memhami maksudnya.
Setelah pegawai
memperoleh surat penerimaan pegawai, calon pekerja ada baiknya membalas dengan
mengirim surat penerimaan kerja,ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
menulis surat tersebut, diantaranya;
1. Nayatakan antusiasme anda dengan
pekerjaan tersebut
2. Konfirmasi kapan datang ke bagian
personalia
3. Antisipasi terhadap pekerjaan
tersebut
Sehingga perusahaan akan
dapat melihat kesungguhan anda, dan semoga anda memeproleh kemudahan dalam
berkarier.
Surat Penolakan Kerja
Tidak semua pekerjaan diinginkan oleh
calon pegawai, dan bagi pegawai yang ingin mencari peluang kerja yang lebih
prospektif dari pekerjaan yang anda terima, dapat melakukan penolakan dengan
cara yang baik melalui pembuatan surat penolakan kerja.
Meskipun
media lisan dapat digunakan untuk menolak suatu pekerjaan, tapi hendaknya
menggunakan media tertulis, yang harus diperhatikan adalah bagaimana anda
membuat surat ini dengan perencanaan tidak langsung, baik anda akan melakukan
penolakan positif maupun negative.
Langkah yang dapat
ditempuh diantaranya, menciptakan suasana netral dalam bahasa pembuka surat,
kemudian menjelaskan alasan penolakan disetai alasan, dan ditutup dengan ucapan
terimaksih atas kesempatan yang diberikan.
Sehingga dengan pengorgnisasian
seperti ini dapat menjaga hubungan baik antara
calon pegawai dengan perusahaan.
Penutup
Wawancara kerja merupakan
bagian penting dalam perjalanan karier anda, sebaiknya persiapan matang guna
menyongsong wawancara dapat dilakukan, sehingga dalam wawancara anda dapat
memikat pewawancara dan memperbesar peluang anda untuk diterima pada
perusahaandan posisi yang anda inginkan.
Begitu juga selepas
proses wawancara. Jangan biarkan kondisi menggantung, segera ucapkan
terimakasi, dan tanggapi keputusan perusahaan dengan baik ketika anda diterima
atau ditolak sekalipun, bahkan ketika anda menolak posisi atau pekerjaan yang diberikan
perusahaan tetap harus dengan cara yang patut.
Terima kasih. Semoga
bermanfaat
Rujukan Pustaka
Purwanto,Djoko. Komunikasi
Bisnis. Jakarta, Penerbit Erlangga, 2011
No comments:
Post a Comment