Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Monday, December 9, 2013

anime dan nilai moralnya,1, sword art online

konbanwa minna.. :D genki desu ka?? akhirnya ane bisa mosting jugaa.. :D sebenarnya bukannya sibuk sih, tapi males aja.. hoho.. bukannya males juga sih,, yah,, i love blogging but i must do something for my homework yesterday.. oke minna, semuanya, para pembaca yang terhormat (udah kaya monolog di majalah sastra..), pernah lihat SAO ngga? sword art online tuh, anime mainstream, dibintangi oleh kirigaya kazuto alias kirito, dan yuuki asuna alias asuna. nyeritain kisah fiktif asli 100%, di zaman ketika manusia bisa maen game online via imajinasi otak dengan make alat yang namanya nervegear.. haha :D, dan, biar ceritanya jadi greget kayak katanya mas mad-dog, mereka-mereka para player itu nyasar dan terperangkap di dunia game itu,  dan kalau mau keluar dan menyelamatkan hidup mereka, harus diselesaikan game itu, karena game yang dimainkan ini adalah game berbahaya yang sama dengan realitas, tidak ada respawn kayak di point blank.. :D

udah sekian aja ceritanya.. :D seelengkapnya cari di wikipedia.org aja atau wikipedia.jp, ane ndak mau cerita itunya.. hehe, kalau ane mau kasi bocoran, itu hubungan antara si kirito dan asuna so sweet banget, liat dewek ah... haha

nah, orang jepang selalu berasa memasarkan budaya mereka dalam produk-produk mereka, dan inilah yang membuat bangsa mereka menjadi bangsa yang istimewa. SAO,anime aneh yang ane singgung dikit di awal adalah produk jepang, jadi selalu ada budaya jepang yang terkandung dalam anime ini :) (silogisme gan, silogisme).. ane bakal nyekip budaya-budaya bergenre H atau E, ane nggak nyaranin agan-agan nyari apa makna dari huruf H ddan E yang barusan, resiko agan tanggung dewek.. ane bakal ngebahas kebudayaan positifnya,

Di SAO budaya kaizen atau kalau bahasa indonesianya berdiri diatas kaki sendiri sangat tergambar jelas di anime ini. usaha para player, para tokoh utama yang ada di anime ini mengerahkan segenap kekuatan mereka, berdiri dengan usaha keras mereka sendiri, menolak untuk merepotkan orang lain, dan inilah, semangat api jepang yang patut kita contoh. berehentilah bergantung pada produk asing gan,, semuanya,, pemerintah terutama.. kita mampu kok, kita ngga bisa terus menerus menyusu ke asing,, tunjukin kita bisa gan.. tunjukin. kita adalah bangsa yang besar,, penasaran? baca aja bahari indonesiaku, tulisan ane juga tuh..

than, ada hal lain lagi gan, banyak hal positif yang bisa diambil, salah satunya, yang ngebuat ane terharu, adalah kesetiaan.. kirito, tokoh utama cowok yang ngebuat ane iri setengah mati, pernah bilang gini "as long as i still alive, stand in front of you, i would not let my teammate death" terjemahannya? ada google translate :D. intinya, dia ngga mau menumbalkan temannya. beda sama di indonesia, terkadang mahluk-mahluk indonesia, ane juga, lebih suka menumbalkan orang tersayang untuk keuntungan ane.. wah,, ini yang parah,, dulu ane sering banget begini, tapi ternyata, ane emang untung secara pribadi, tapi secara sosial? ane sampah.. naudzubillahi min dzalik.. orang lain? ane ngga bakalan nge blame siapa aja, haruslah kita udah bisa intropeksi lahh.. :)

than yang terakhir, ane ngantuk! haha. yaitu bagaimana tokoh-tokoh di anime ini sangat mengutamakan kebersamaan dalam setiap usaha mereka, mereka ngga mau membiarkan orang lain celaka sendirian, mereka berusaha menyelamatkan siapapun yang ada dalam bahaya dengan usaha mereka yang terbaik, dan inilah poin ukhuwah islamiyyah yang udah hilang atau minimal pudar lah di masyarakat islam. masak mau kalah sama anime yang ngga jelas begitu? kuntum khoiro ummatin ukhrijat linna, you are the best people, created by god to human... :) kalian, kita yang ngerasa muslim adalah ummat terbaik, lantas? think again

lihatlah, anime-anime yang kita anggap sampah, terlepas dari negatif2 yang ada di anime ini, masih memiliki nilai yang secara telak memakan kita, menyindir kemanusiaan dan moralitas kita. mau menyaingi dan membuktikan janji allah? sama sama yuk memperbaiki diri.. :) oke gan? arigato minna, udah meu ngedengerin uneg2 ane.. ada yang salah dan ngga puas? komen aja :D kalau ada yang benar, semua dari Allah.. sekian.. domo arigatou gozaimasu..

muhammad abdullah azzam
mahasiswa S1 manajemen, FEB UNS Surakarta
(tunggu chapter dua ya.. ane bakal mbahas sakurasao insya allah.. )

No comments:

Post a Comment