Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Thursday, May 7, 2015

Resume Marketing Kotler and Keller, Chapter 4

this picture i just find in google. to anybody, maybe in minitokyo or zerochan, my respect and my garteful to you.

no we continue this marketing resume. hope you enjoy it :)





Rangkuman
Chapter 4
Konduksi Riset Pemasaran
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam (F0213062)
Manajemen A


            Pemasar yang baik membutuhkan informasi atau gambaran untuk menilai performa mereka yang lalu dan memprediksi serta merencanakan performa masa depan. Untuk membuat dan memilih taktik terbaik dalam jangka waktu oendek maupun pilihan stratejik untuk jangka panjang, mereka membutuhkan informasi terkini yang akurat dan bisa dilaksanakan mengenai konsumen, kompetisi, dan produk mereka. Mencari pandangan konsumen dan memahami dampak dari pemasaran seringkali dapat membawa pada kesuksesan peluncuran produk atau menjamin pertumbuhan dari merek. Hal ini dibuktikan dengan perjuangan Kimberly-Clark saat akan meluncurkan produk popok Huggies Supreme Natural Fit. Dengan melakukan pemantauan di rumah beragam konsumen dengan beragam latar belakang, mereka menemukan fakta menarik tentang bagaimana ibu mengganti popok bayi. Memperoleh masukan dan kebutuhan dari ibu-ibu tersebut. Kemudian, menciptkan produk yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan mereka. Hasilnya, peroleh 4 milyar dolar tambahan dari penjualan popok di tahun itu. Maka, informasi dan riset pemasaran menjadi hal yang penting dan tidak bisa diremehkan.
A.      Sistem Riset Pemasaran
Manajer Pemasaran seringkali memerlukan studi pemasaran formal untuk permasalahan spesifik dan peluang. Mereka mungkin meminta survei pasar, uji preferensi produk, prediksi penjualan secara regional, atau evaluasi periklanan. Semua itu adalah pekerjaan peneliti pemasaran untuk meproduksi pandangan tentang perilaku konsumen dan perilaku pembelian. Marketing Insight atau pandangan pemasaran menyajikan informasi diagnostik tentang bagaimana dan mengapa kita mengobservasi beberapa dampak yang terjadi di pasar dan apa artinya bagi pemasar. Pandangan pemasaran yang baik seringkali membentuk basis kesuksesan program-program pemasaran.
Beberapa hal dibawah dapat dilakukan pemasar untuk melakukan riset pemasaran. Yaitu :
a.      Meminta profesor atau mahasiswa untuk mendesain dan menjalankan proyek
b.      Memanfaatkan internet
c.       Memantau saingan
d.      Ikut serta dalam bisnis mitra pemasar.
Sedangkan beberapa pemasar besar mengkombinasikan hal-hal diatas menjadi metode berikut ;
a.      Syndicated-service research firm
b.      Custom marketing research firm
c.       Specially line mrketing research firm
B.      Proses Riset Pemasaran
a.      Mendefinisikan masalah, alternatif pilihan dan tujuan riset
Manajer harus dapat mendefinisikan masalah yang tidak terlalu luas atau sempit pada periset. Untuk membantu mendesain riset manajer dapat mengungkapkan pilihan yang dihadapi untuk kemudian ditelusuri dari pilihan tersebut.
b.      Mengembangkan rencana riset
Rencana riset diperlukan untuk menemukan dan mengembangkan rencana paling efisien untuk mengumpulkan informasi dan berapa biaya yang diperlukan. Untuk mendesain rencana riset, diperlukan desain untuk sumber data, pendekatan riset, instrumen riset, rencana sampling, dan metode interaksi.
      Sumber data dapat dipilih data primer atau data sekunder. Pendekatan riset dapat dilakukan dengan pendekatan obsevasional, fokus kelompok, riset perilaku, riset eksperimen atau percobaan. Instrumen riset dapat berupa quisioner atau hitungan kualitatif, hingga pemanfaatan teknologi. Metode sampling dapat menetukan unit sampling, ukuran sampel dan prosedur sampling. Metode interaksi dapat dipilah melalu surat, telepon, personal atau online.
c.       Mengumpulkan informasi
Proses ini dapat menjadi proses paling mahal dan rawan menghadapi gangguan. Dikarenakan keseluruhan masalah umum yang mungkin terjadi dapat muncul pada tahap ini. mulai dari responden yang tidak dapat diakses, hingga yang menolak bekerjasama. Inkonsitensi juga dapat menjadi masalah tersendiri.
d.      Analisis informasi
Analisa disini merupakan analisa dari informasi yang berhasil diperoleh. Menggunakan tabulasi data dan pengembangan penghitungan kesimpulan.
e.      Menyajikan hasil riset
Penyajian temuan yang relevan untuk keputusan pemasaran paling penting yang dihadapi pihak manajemen. Periset akan diminta untuk lebih proaktif, diminta untuk menerjemahkan data dan infromasi kepada pandangan dan rekomendasi.


f.        Membuat pilihan
Pandangan dan rekomendasi dari riset dapat menjadi acuan untuk menentukan pilihan kekuatan data dapat menyajikan pilihan yang lebih baik.
g.      Rintangan penggunaan riset pemasaran yang akan datang
Beberapa hal harus dipenuhi untuk menyajikan riset pemasaran yang baik. Yaitu metode ilmiah, kreatifitas periset, penggunaan metode berlapis, interdependesi dari model-model dan data, nilai dan biaya dari informasi, kesehatan skeptis, dan etika pemasaran.
C.      Menghitung Produktifitas Pemasaran
Meskipun dapat secara sederhana menghitung bebas pemasaran dan investasi sebagai input jangka pendek, hasil seperti kesadaran merek, perolehan penggambaran merek, loyalitas pelanggan yang lebih besar, dan pengembangan produk baru serta prosepknya dapat memakan waktu cukup lama. Apalgi, keseluruhan perubahan internal dan eksternal dapat menyebabkan perubahan pemasaran, membuatnya sulit untuk diminimalisir dampaknya. Maka, dapat dilakukan hal-hal berikut ;
a.      Matriks pemasaran
Pengukuran yang diatur untuk membantu mereka untuk menghitung, membandingkan, serta menafsirkan performa pemasaran.
b.      Pembuatan model pemasaran campuran
Melakukan analisis data dari beragam sumber. Seperti scanner milik retail, data pengiriman perusahaan, penetapan harga dan lain-lain.
c.       Dashboard pemasaran
Secara visual menampilkan indikator-indikator real-time untuk menjamin penggunaan fungsi yang tepat.

1.      Riset pasar dan intiusi. Manakah yang memiliki peran lebih penting?
2.      Sering muncul gangguan privasi dari narasumber. Sarana mana yang dapat meminimalisir hal ini?



No comments:

Post a Comment