Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

LightBlog
Responsive Ads Here

Wednesday, May 27, 2015

Resume Marketing Kotler and Keller Chapter 7



Rangkuman
Chapter 7
Analisa Pasar Bisnis
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam (F0213062)
Manajemen A


Apa itu Pembelian Organisasional
Pembelian organisasional mengarah pada proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal untuk menentukan kebutuhan pembelian produk dan jasa, dan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih diantara alternatif merek dan penyuplai.
Untuk memahami dan menguasaipasar bisnis ada beberapa tantangan yang dihadapi pemasar, yaitu :
  • Memahami kebutuhan konsumen dengan cara baru
  • Identifikasi kemungkinan baru untuk tumbuh
  • Improvisasi nilai teknik manajemen
  • Kalkulasi performa marketing dan matriks akuntabiltas yang lebih baikCompeting and growing in global markets
  • Melawan gangguan komitisasi produk dan jasa
  • Meyakinkan eksekutif level-C untuk memaksimalkan konsep pemasaran
PASAR BISNIS DAN PASAR KONSUMEN
Pasar bisnis memiliki beberapa sifat yaitu : sedikitnya pembeli, hubungan erat antara penyuplai dan pelanggan, pembelian bersifat professional, banyak yang memengaruhi pembelian, panggilan penjualan berlipat, permintaan terderivasi, permintaan inelastis, permintaan fluktuatif, pembeli yang terkonsentrasi secara geografis, dan pembelian langsung.
Situasi Pembelian
Situasi pembelian digolongkan menjadi 3 situasi, yaitu :
1.      Pembelian Langsung (Straight Rebuy)
Proses pembelian stagnan. Pembeli melakukan proses pembelian tanpa melakukan perubahan tertentu.
2.      Pembelian Modifikasi (Modified Rebuy)
Pembelian dilakukan dengan perubahan tertentu, biasanya dilakukan setelah evaluasi paska pembelian
3.      Tugas Baru (New Task)
Pembelian yang sifatnya sama sekali baru atau pembelian perdana
SISTEM PEMBELIAN DAN PENJUALAN
Sistem pembelian dan penjualan bisnis memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi. Yaitu :
Pelaku dalam Proses Pembelian Bisnis
Dalam pelaku pembelian bisnis ada beberapa kelompok atau individu yang berfungsi sebagai pusat pembelian (buying center) mereka adalah
  • Inisiator
Mereka yang berperan untuk menginisasi atau mengusulkan proses pembelian.
  • Pengguna
Mereka yang menggunakan hasil baik berupa barang maupun jasa hasil dari proses pembelian
  • Pembisik
Yang mempengaruhi proses pembelian dan pengambilan keputusan. Pembisik bisa menguatkan atau melemahkan keputusan pembelian
  • Pengambil Keputusan
Sasaran pemasar. Pihak yang menentukan keputusan beli atau tidaknya. Ujung dari segala tahap usulan dan lobi pembelian
  • Penerima Keputusan
Mereka yang biasanya memegang modal atau biaya untuk melakukan pembelian
  • Pembeli
Eksekutor dari keputusan pembelian. Dapat berupa salah satu dari yang diatas atau individu lain
  • Penjaga Gerbang
Mereka yang mengawasi perilaku paska pembelian

Tahapan dalam Proses Pembelian
Proses pembelian memiliki tahapan-tahapan tertentu dimulai dari pemutusan masalah, deskripsi kebutuhan umum, spesifikasi produk, mencari penyuplai, pembuatan proposal, pemilihan penyuplai, spesifikasi pemesanan rutin dan penilaian performa.
Pemesanan Elektronis dan Pasar Internet
Beberapa komponen yang terdapat dalam pasar elektronis (kaitannya dengan internet) antara lain adalah situs katalog, pasar vertikal, situs pelelangan murni, pasar titik, pertukaran privat, pasar barter dan aliansi pembelian. Masing-masing dari komponen ini memiliki peran masing-masing yang peran tersebut independensi dan dependensinya tergantung pada kondisi pasar elektronis.
Metode Meneliti Nilai Pelanggan
Nilai pelanggan dapat diteliti dengan menggunakan metode ; Internal engineering assessment, Field value-in-use assessment, Focus-group value assessment, Direct survey questions, Conjoint analysis, Benchmarks, Compositional approach, dan Importance ratings.
Spesifikasi Pesanan Rutin
Spesifikasi pesanan rutin adalah spesifikasi proses pemesanan yang dipengaruhi proses produksi rutin perusahaan. Proses ini memiliki 3 spesifikasi yaitu :
  • Pembelian tanpa sediaan
  • Persediaan yang dikelola oleh penyedia
  • Penggantian kontinyu (Continuous replenishment)
Manajemen Bisnis ke Bisnis Hubungan Pelanggan
Hubungan dengan pelanggan dapat dikategotikan menjadi 8 kateogir hubungan, yaitu pembelian dan penjualan dasar, tulang rawan, transaksi kontraktual, suplai pelanggan, sistem kooperatif, sistem kolaboratif, adaptasi mutual, dan pelanggan adalah raja
A.      Pasar bisnis lebih bernilai besar dibanding pasar konsumen, cukup bagi perusahaan?
B.      Hubungan pelanggan adalah raja adalah pola hubungan seperti apa?

No comments:

Post a Comment