Rangkuman
Chapter 7
Analisa Pasar Bisnis
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam
(F0213062)
Manajemen A
Apa itu
Pembelian Organisasional
Pembelian organisasional mengarah pada
proses pengambilan keputusan oleh organisasi formal untuk menentukan kebutuhan pembelian
produk dan jasa, dan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan memilih diantara
alternatif merek dan penyuplai.
Untuk memahami dan menguasaipasar bisnis ada
beberapa tantangan yang dihadapi pemasar, yaitu :
- Memahami kebutuhan konsumen dengan cara baru
- Identifikasi kemungkinan baru untuk tumbuh
- Improvisasi nilai teknik manajemen
- Kalkulasi performa marketing dan matriks akuntabiltas yang lebih baikCompeting and growing in global markets
- Melawan gangguan komitisasi produk dan jasa
- Meyakinkan eksekutif level-C untuk memaksimalkan konsep pemasaran
PASAR BISNIS
DAN PASAR KONSUMEN
Pasar bisnis memiliki beberapa sifat yaitu :
sedikitnya pembeli, hubungan erat antara penyuplai dan pelanggan, pembelian
bersifat professional, banyak yang memengaruhi pembelian, panggilan penjualan
berlipat, permintaan terderivasi, permintaan inelastis, permintaan fluktuatif,
pembeli yang terkonsentrasi secara geografis, dan pembelian langsung.
Situasi
Pembelian
Situasi pembelian digolongkan menjadi 3 situasi,
yaitu :
1.
Pembelian
Langsung (Straight Rebuy)
Proses pembelian stagnan. Pembeli
melakukan proses pembelian tanpa melakukan perubahan tertentu.
2.
Pembelian
Modifikasi (Modified Rebuy)
Pembelian dilakukan dengan perubahan
tertentu, biasanya dilakukan setelah evaluasi paska pembelian
3.
Tugas
Baru (New Task)
Pembelian yang sifatnya sama sekali baru atau
pembelian perdana
SISTEM
PEMBELIAN DAN PENJUALAN
Sistem pembelian dan penjualan bisnis memiliki
beberapa faktor yang mempengaruhi. Yaitu :
Pelaku dalam
Proses Pembelian Bisnis
Dalam pelaku pembelian bisnis ada beberapa
kelompok atau individu yang berfungsi sebagai pusat pembelian (buying center) mereka adalah
- Inisiator
Mereka yang berperan untuk menginisasi
atau mengusulkan proses pembelian.
- Pengguna
Mereka yang menggunakan hasil baik
berupa barang maupun jasa hasil dari proses pembelian
- Pembisik
Yang mempengaruhi proses pembelian dan
pengambilan keputusan. Pembisik bisa menguatkan atau melemahkan keputusan
pembelian
- Pengambil Keputusan
Sasaran pemasar. Pihak yang menentukan
keputusan beli atau tidaknya. Ujung dari segala tahap usulan dan lobi pembelian
- Penerima Keputusan
Mereka yang biasanya memegang modal
atau biaya untuk melakukan pembelian
- Pembeli
Eksekutor dari keputusan pembelian.
Dapat berupa salah satu dari yang diatas atau individu lain
- Penjaga Gerbang
Mereka yang mengawasi perilaku paska
pembelian
Tahapan
dalam Proses Pembelian
Proses pembelian memiliki tahapan-tahapan
tertentu dimulai dari pemutusan masalah, deskripsi kebutuhan umum, spesifikasi
produk, mencari penyuplai, pembuatan proposal, pemilihan penyuplai, spesifikasi
pemesanan rutin dan penilaian performa.
Pemesanan
Elektronis dan Pasar Internet
Beberapa komponen yang terdapat dalam pasar
elektronis (kaitannya dengan internet) antara lain adalah situs katalog, pasar
vertikal, situs pelelangan murni, pasar titik, pertukaran privat, pasar barter
dan aliansi pembelian. Masing-masing dari komponen ini memiliki peran
masing-masing yang peran tersebut independensi dan dependensinya tergantung
pada kondisi pasar elektronis.
Metode
Meneliti Nilai Pelanggan
Nilai pelanggan dapat diteliti dengan
menggunakan metode ; Internal engineering
assessment, Field
value-in-use assessment, Focus-group
value assessment, Direct survey
questions, Conjoint
analysis, Benchmarks, Compositional approach,
dan Importance
ratings.
Spesifikasi
Pesanan Rutin
Spesifikasi pesanan rutin adalah spesifikasi
proses pemesanan yang dipengaruhi proses produksi rutin perusahaan. Proses ini
memiliki 3 spesifikasi yaitu :
- Pembelian tanpa sediaan
- Persediaan yang dikelola oleh penyedia
- Penggantian kontinyu (Continuous replenishment)
Manajemen
Bisnis ke Bisnis Hubungan Pelanggan
Hubungan dengan pelanggan dapat dikategotikan
menjadi 8 kateogir hubungan, yaitu pembelian dan penjualan dasar, tulang rawan,
transaksi kontraktual, suplai pelanggan, sistem kooperatif, sistem kolaboratif,
adaptasi mutual, dan pelanggan adalah raja
A.
Pasar
bisnis lebih bernilai besar dibanding pasar konsumen, cukup bagi perusahaan?
B.
Hubungan
pelanggan adalah raja adalah pola hubungan seperti apa?
No comments:
Post a Comment