lanjut lagi gan.. ini summary yang chapter 9-10. nikmatin aja gan.. enak banget kok..
Rangkuman
Chapter 9
Pengembangan Produk
Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
Oleh : Muhammad
Abdullah ‘Azzam (F0213062)
Manajemen A
Dalam
bab ini studi kasus yang dipaparkan adalah Apple. Sebuah perusahaan dengan
tingkat kreatifitas luar biasa yang mampu menyelami pola pikir konsumen,
memahami apa yang membuat mereka takjub, dan merealisasikannya. Seperti sebuah
mimpi. Bagaimanapun, setiap perusahaan harus mampu mengelola dan mengembangkan
produk, karena pasar tidak statis.
Kemudian ditambah dengan masing-masing produk memiliki siklus produknya
sendiri. Hal ini menimbulkan tantangan pada 2 hal, yaitu pertama tantangan
pengembangan produk baru, lalu tantangan siklus hidup produk. Produk baru
digunakan sebagai produk pengganti, sedangkan siklus hidup, menghadapi
perubahan yang terjadi di pasar. Selera, pendapatan, dan hal lain yang dapat
mempengaruhi eksistensi produk di pasar.
1.
STRATEGI
PENGEMBANGAN PRODUK
Merupakan pengembangan dari produu
orisinil, peningkatan produk, modifikasi produk, merek baru, hasil dari usaha research and developement perusahaan.
Meskipun hal ini diperlukan oleh perusahaan, inovasi dan pengembangan produk
merupakan hal yang beresiko. Jadi mau tidak mau, perusahaan harus melaksanakan
tahapan yang ada untuk meminimalkan resiko yang mungkin muncul
2.
PROSES
PENGEMBANGAN PRODUK BARU
a.
Penciptaan ide
Pencarian
sistematis untuk ide produk
1.
Sumber ide
internal
Sumber
ide dari individu atau kelompok yang berada di dalam perusahaan
2.
Sumber ide
eksternal
Sumber
ide dari individu atau kelompok yang berada di luar perusahaan
b.
Penyaringan ide
Menyaring
ide produk baru dengan tujuan menemukan ide baik dan membuang ide buruk secepat
mungkin
c.
Pengembangan dan
pengujian konsep
Pengembangan
ide menjadi konsep produk. Konsep produk adalah versi detail dari ide produk
baru yang dinyatakan dalam bahasa konsumen yang memiliki arti
1.
Pengambangan
konsep
Mengembangkan
konsep yang ada, seperti membuat prototype
2.
Pengujian konsep
Menguji
konsep produk kepada sekelompok konsumen, untuk melihat seberapa kuat daya tarik
produk terhadap konsumen
d.
Pengembangan
strategi pemasaran
Merancang
strategi pemasaran awal bagi produk baru disesuaikan dengan konsep produk
e.
Analisis bisnis
Peninjauan
terhadap penjualan, biaya dan proyeksi laba bagi produk baru untuk mengetahui
apakah faktor-faktor ini memenuhi tujuan perusahaan
f.
Pengembangan
produk
Mengembangkan
konsep produk menjadi produk nyata untuk dapat memastikan bahwa ide produk
dapat diubah menjadi yang bisa dikerjakan
g.
Pemasaran uji
Diaman
program produk dan strategi pemasaran diuji pada pasar yang lebih realistis
1.
Pengujian pasar
standar
Disesuaikan
dengan standar pasar yang ada, yang ingin dituju
2.
Pengujian pasar
terkendali
Pemasaran
yang direncanakan. Sudah ada kerjasama dengan pasar yang ingin dituju
3.
Pengujian pasar
yang disimulasikan
Menciptakan
simulasi pemasaran pada konsumen
h.
Komersialisasi
Pengenalan
produk baru ke pasar
3.
MENGATUR
PENGEMBANGAN PRODUK BARU
a.
Pengembangan
Produk Baru yang Berpusat pada Pelanggan
Berfokus pada menemukan cara baru
untuk memecahkan masalah pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih
memuaskan bagi pelanggan
b.
Pengembangan
Produk baru berdasarkan Tim
Pengembangan produk baru dimana
berbagai departemen bekerja sama dengan erat melewati beberapa tahapan dalam
proses pengembangan produk baru untuk mengehemat waktu dan meningkatkan
efektivitas
c.
Pengembangan
Produk Baru yang Sistematis
Sistematika pengembangan antara kedua
hal diatas
4.
STRATEGI SIKLUS
HIDUP PRODUK
Setiap produk memiliki siklus hidupnya
sendiri. Dimana perusahaan dan pemasar tidak bisa bersantai begitu saja setelah
berhasil meluncurkan produk baru. Manajemen harus menetukan langkah langkah
yang ingin dilakukan ketika produk telah memasuki fase-fase seperti ini
a.
Tahap pengenalan
Dimana
produk pertama kali disitribusikan dan tersedia untuk dibeli. Diperlukan kerja
ekstra dari pemasar untuk memasarkan produk
b.
Tahap pertumbuhan
Penjualan
produk mulai menanjak dengan cepat. Pemasar diperlukan agar produk tidak jatuh
sebelum dewasa
c.
Tahap kedewasaan
Pertumbuhan
penjualan produk mulai melambat atau menurun
d.
Tahap kedewasaan
Dimana
produk menurun. Fase ini diperlukan persiapan untuk membuat produk baru untuk
menggantikan produk yang menurun
5.
PERTIMBANGAN
TAMBAHAN PRODUK DAN JASA
a.
Keputusan produk
dan tanggung jawab sosial
Dalam menciptakan produk baru, dan
mengembangkan produk, etika perlu dijunjung agar tidak terjadi permasalahan
dalam pengembangan produk. Kemudian dengan memperhatikan aspek sosial,
diharapkan penerimaan produk oleh pasar dan masyarakat dapat lebih mudah
dilakukan
b.
Pemasaran produk
dan jasa internasional
Dalam menghadapi pasar internasional,
masalah tetap pada bagaimana memposisikan produk dan pengembangan produk yang
dapat diterima oleh masyarakat internasional yang heteroge. Kerja ekstra dari
riset dan pengembangan akan memudahkan kerja pemasar untuk dapat memaksimalkan
nilai dari produk baru yang ingin dipasarkan.
No comments:
Post a Comment