Gerai Inspirasi

ekonomika politika romantika

Thursday, November 13, 2014

Resume Principles of Marketing Kotler Chapter #9

lanjut lagi gan.. ini summary yang chapter 9-10. nikmatin aja gan.. enak banget kok..



Rangkuman
Chapter 9
Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus Hidup Produk
Oleh : Muhammad Abdullah ‘Azzam (F0213062)
Manajemen A

               
            Dalam bab ini studi kasus yang dipaparkan adalah Apple. Sebuah perusahaan dengan tingkat kreatifitas luar biasa yang mampu menyelami pola pikir konsumen, memahami apa yang membuat mereka takjub, dan merealisasikannya. Seperti sebuah mimpi. Bagaimanapun, setiap perusahaan harus mampu mengelola dan mengembangkan produk, karena pasar  tidak statis. Kemudian ditambah dengan masing-masing produk memiliki siklus produknya sendiri. Hal ini menimbulkan tantangan pada 2 hal, yaitu pertama tantangan pengembangan produk baru, lalu tantangan siklus hidup produk. Produk baru digunakan sebagai produk pengganti, sedangkan siklus hidup, menghadapi perubahan yang terjadi di pasar. Selera, pendapatan, dan hal lain yang dapat mempengaruhi eksistensi produk di pasar.
1.      STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK
Merupakan pengembangan dari produu orisinil, peningkatan produk, modifikasi produk, merek baru, hasil dari usaha research and developement perusahaan. Meskipun hal ini diperlukan oleh perusahaan, inovasi dan pengembangan produk merupakan hal yang beresiko. Jadi mau tidak mau, perusahaan harus melaksanakan tahapan yang ada untuk meminimalkan resiko yang mungkin muncul

2.      PROSES PENGEMBANGAN PRODUK BARU
a.      Penciptaan ide
Pencarian sistematis untuk ide produk
1.      Sumber ide internal
Sumber ide dari individu atau kelompok yang berada di dalam perusahaan
2.      Sumber ide eksternal
Sumber ide dari individu atau kelompok yang berada di luar perusahaan
b.      Penyaringan ide
Menyaring ide produk baru dengan tujuan menemukan ide baik dan membuang ide buruk secepat mungkin
c.       Pengembangan dan pengujian konsep
Pengembangan ide menjadi konsep produk. Konsep produk adalah versi detail dari ide produk baru yang dinyatakan dalam bahasa konsumen yang memiliki arti
1.      Pengambangan konsep
Mengembangkan konsep yang ada, seperti membuat prototype
2.      Pengujian konsep
Menguji konsep produk kepada sekelompok konsumen, untuk melihat seberapa kuat daya tarik produk terhadap konsumen
d.      Pengembangan strategi pemasaran
Merancang strategi pemasaran awal bagi produk baru disesuaikan dengan konsep produk
e.      Analisis bisnis
Peninjauan terhadap penjualan, biaya dan proyeksi laba bagi produk baru untuk mengetahui apakah faktor-faktor ini memenuhi tujuan perusahaan
f.        Pengembangan produk
Mengembangkan konsep produk menjadi produk nyata untuk dapat memastikan bahwa ide produk dapat diubah menjadi yang bisa dikerjakan
g.      Pemasaran uji
Diaman program produk dan strategi pemasaran diuji pada pasar yang lebih realistis
1.      Pengujian pasar standar
Disesuaikan dengan standar pasar yang ada, yang ingin dituju
2.      Pengujian pasar terkendali
Pemasaran yang direncanakan. Sudah ada kerjasama dengan pasar yang ingin dituju
3.      Pengujian pasar yang disimulasikan
Menciptakan simulasi pemasaran pada konsumen
h.      Komersialisasi
Pengenalan produk baru ke pasar

3.                  MENGATUR PENGEMBANGAN PRODUK BARU
a.      Pengembangan Produk Baru yang Berpusat  pada Pelanggan
Berfokus pada menemukan cara baru untuk memecahkan masalah pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi pelanggan
b.      Pengembangan Produk baru berdasarkan Tim
Pengembangan produk baru dimana berbagai departemen bekerja sama dengan erat melewati beberapa tahapan dalam proses pengembangan produk baru untuk mengehemat waktu dan meningkatkan efektivitas

c.       Pengembangan Produk Baru yang Sistematis
Sistematika pengembangan antara kedua hal diatas

4.                  STRATEGI SIKLUS HIDUP PRODUK
Setiap produk memiliki siklus hidupnya sendiri. Dimana perusahaan dan pemasar tidak bisa bersantai begitu saja setelah berhasil meluncurkan produk baru. Manajemen harus menetukan langkah langkah yang ingin dilakukan ketika produk telah memasuki fase-fase seperti ini
a.      Tahap pengenalan
Dimana produk pertama kali disitribusikan dan tersedia untuk dibeli. Diperlukan kerja ekstra dari pemasar untuk memasarkan produk
b.      Tahap pertumbuhan
Penjualan produk mulai menanjak dengan cepat. Pemasar diperlukan agar produk tidak jatuh sebelum dewasa
c.       Tahap kedewasaan
Pertumbuhan penjualan produk mulai melambat atau menurun
d.      Tahap kedewasaan
Dimana produk menurun. Fase ini diperlukan persiapan untuk membuat produk baru untuk menggantikan produk yang menurun
5.                  PERTIMBANGAN TAMBAHAN PRODUK DAN JASA
a.      Keputusan produk dan tanggung jawab sosial
Dalam menciptakan produk baru, dan mengembangkan produk, etika perlu dijunjung agar tidak terjadi permasalahan dalam pengembangan produk. Kemudian dengan memperhatikan aspek sosial, diharapkan penerimaan produk oleh pasar dan masyarakat dapat lebih mudah dilakukan
b.      Pemasaran produk dan jasa internasional
Dalam menghadapi pasar internasional, masalah tetap pada bagaimana memposisikan produk dan pengembangan produk yang dapat diterima oleh masyarakat internasional yang heteroge. Kerja ekstra dari riset dan pengembangan akan memudahkan kerja pemasar untuk dapat memaksimalkan nilai dari produk baru yang ingin dipasarkan.









No comments:

Post a Comment